menu

Semua Tentang Saham Dan Obligasi

  • Saham

Bila anda memiliki saham perusahaan, anda memiliki bagian dari perusahaan tersebut. Jika dilakukan dengan baik, maka saham anda juga akan melakukannya dengan baik. Anda dapat membeli dan menjualnya setiap kali kapanpun yang anda inginkan melalui makelar atau situs-situs seperti ETrade atau Datek.

  • Kelebihan: Anda bisa mengalahkan pasar jika sahammu berjalan dengan baik; jika saham anda berjalan sangat baik maka anda benar-benar bisa mengalahkan pasar. Anda dapat memilih saham dalam industry yang telah anda kuasai. Dan juga, uangmu adalah likuid yang berarti anda dapat mengaksesnya setiap saat dengan menjual saham anda.
  • Kekurangan: Sayangnya, jika sebuah perusahaan melakukannya dengan buruk, maka berdampak sama terhadap sahammu. Karena saham tidak diversifikasi, yang dapat berarti bencana bagi anda (meskipun anda dapat dengan mudah mengurangi resiko dengan memilih hal yang lebih besar – perusahaan yang kokoh). Dan juga, kebanyakan orang tidak pandai memilih saham dengan sangat baik. Pada kenyataannya, mereka mengklaim jika mereka bisa, tetapi tidak demikian.

Mau tak mau, saat saya mengajar dasar-dasar saham agar kita semua dapat kaya dengan cepat, seseorang akan mengajukan pertanyaan umum, “Jadi, saham apa yang harus saya beli?”. Disini saya akan menjelaskannya.

Cara paling mudah untuk mempersempit alam semesta saham adalah memikirkan perusahaan yang anda sukai dan akan digunakan. Dari 15 perusahaan, perusahaan manakah yang telah anda gunakan dan kembali dari waktu ke waktu? Pikirkan semuanya, termasuk makanan, pakaian, jasa, teknologi, hiburan, transportasi, dan lain-lain. Disana, anda hanya menggunakan 5.000 saham dari 15 perusahaan.

Sebuah perusahaan yang baik, belum tentu memiliki saham yang baik. Mari kita berpikir pakaian selama beberapa saat. Dimana tempat perbelanjaan favoritmu? Abercrombie? Guess? Gap? Ok, kita ambil contoh Gap. Mari kita lakukan analisis yang sangat sederhana dari Gap sebagai perusahaannya. Mereka memiliki pakaian yang bagus, konsisten dan stabil: celana, kemeja putih, baju polos dan celana jeans – hal-hal yang tidak pernah ketinggalan jaman. Perusahaan ini sangat menarik bagi pria dan wanita. Mereka memiliki banyak cabang dan membuat beberapa iklan besar. Dan, saya pun berbelanja didalamnya. Sayangnya, produk yang baik ternyata tidak selalu membuat saham yang baik: Disini adalah kinerja saham Yahoo selama 5 tahun. Dalam jangka 5 tahun ini, nilai mereka anjlok dari sekitar 52 ke 8. Tetapi anda mungkin berkata, ‘seluruh perekonomian berada dalam resesi’. Ya, tetapi Gap sendiri juga sangat bekinerja buruk didalam pasar selama ini.

Intinya adalah anda memerlukan analisis yang lebih dalam lagi daripada “Saya pikir celana yang mereka pasarkan sudah cukup”. Untuk itu, anda perlu mengetahui:

  1. Tren: Apakah penjualannya saat ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu? 2 tahun lalu? 5 tahun lalu?
  2. Produk: Apakah memberikan masa depan yang cerah dalam bentuk pengembangan produk yang akan datang?
  3. Penghasilan, laba, pertumbuhan, pendapatan persaham: Beberapa hambatan finansial dan baut dari saham utama ini sangat menakutkan pada awalnya. Untungnya, ada banyak situs yang akan memandu anda keluar dari masalah ini.
  4. Pedagang: Apakah eksekutif senior di perusahaan membeli atau menjual saham lebih banyak (yang menunjukkan mereka memiliki keyakinan didalam perusahaan tersebut)?
  5. Pengelolaan: Apakah manajemen sudah berjalan dengan baik? Bagaimana dengan omsetnya? Apa filosofi dan kemampuan untuk mengoperasikan hal tersebut?

Anda bisa mendapatkan semua informasi tersebut secara online dan gratis. Dibawah ini adalah beberapa situs yang bagus untuk memandu anda keluar.

  • MSN Research Wizard akan membantu anda menganalisis saham langkah demi langkah
  • Yahoo Finance memungkinkan anda melihat rincian standar tentang saham apapun
  • Motley Fool sangat bagus untuk investor pemula

Setelah anda mulai melihat grafik, laba, neraca, dan lainnya; anda akan mulai mendapatkan gambaran yang baik dari apa yang sedang terjadi. Ini hanya membutuhkan sedikit latihan.

  • Obligasi

Obligas adalah penyataan berhutang – seperti Sertifikat Deposito. Jika anda membeli obligasi selama 1 tahun, pihak bank akan mengatakan “Jika anda meminjamkan US$ 100, kami akan memberikan US$ 102 sebagai pengembaliannya pertahun”. Perkiraan tingkat pengembalian obligasi saat ini selama 2 tahun adalah 2,89%.

  • Kelebihan: Anda tahu persis seberapa banyak yang anda dapatkan saat berinvestasi didalam obligasi. Anda dapat memilih jumlah waktu obligasi yang anda inginkan selama (1 tahun, 2 tahun, 5 tahun, dll). Periode waktu yang lebih lama akan menghasilkan tingkat pengembalian yang sangat tinggi. Dan juga, obligasi sangat stabil, terutama obligasi pemerintah. Satu-satunya cara anda akan menderita kerugian dalam obligasi pemerintah adalah jika pihak pemerintah gagal melakukan pinjaman dan tidak melakukannya dengan baik, ini hanya akan mencetak lebih banyak uang.
  • Kekurangan: Sayangnya, obligasi tersebut memiliki kelemahan yang sangat signifikan. Dikarenakan hal ini begitu stabil (resiko rendah), imbalan pada obligasi yang sangat baik secara dramatis kurang dari satu saham yang sangat baik. Berinvestasi di obligasi juga menjadikan uang anda tidak likuid, yang berarti terkunci dan tidak dapat diakses selama jangka waktu tertentu. Ini biasanya mendatangkan hal buruk.

Dengan kualitas seperti ini, orang macam apa yang berani berinvestasi didalam obligasi? Mari kita lihat – sangat stabil, pada dasarnya tingkat pengembaliannya terjamin namun keuntungannya relatif kecil.

Jika anda mengatakan “saya” dan anda berada di usia 20-an, saya ingin meninju muka anda.

Sebenarnya, para orang tua dan orang kaya yang melihat obligasi sangat menarik. Para orang tua perlu mengetahui secara persis seberapa banyak uang yang mereka dapatkan bulan depan untuk biaya pengobatannya atau apapun yang mereka lakukan; mereka tidak tahan dengan volatilitas pasar saham dikarenakan pada umumnya, mereka tidak memiliki banyak pendapatan lain untuk mendukung dirinya sendiri. Disisi lain, para orang kaya telah secara alamiah menjadi konservatif dengan uang yang banyak. Begini: Bila anda memiliki US$ 10.000, anda ingin berinvestasi secara agresif untuk berkembang. Bila anda memiliki US$ 10 juta, anda ingin menabung. Jadi obligasi menjamin pada 2% atau 3% sebenarnya sangat menarik dan 3% dari US$ 10 juta adalah US$ 300.000.

Sekarang, anda melihat sendiri mengapa obligasi dikatakan sebagai salah satu investasi yang tidak tepat bagi para kawula muda. Dan juga, dengan sudut pandang investasi, anda dapat berinvestasi lebih agresif untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih tinggi didalam obligasi. kunjungi kami

 

  • 2017-02-03
  • Blog
  •   no tag
  • Comments Off on Semua Tentang Saham Dan Obligasi